oleh

Baznas Lampung-RS Urip Sumoharjo Pantau Langsung Kondisi Pasien

radarlampung.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Lampung bersama Rumah Sakit (RS) Urip Sumoharjo meninjau langsung kondisi pasien korban Tsunami di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar, Minggu (23/12).

Ketua Baznas Provinsi Lampung Mahfud Santoso mengatakan, dirinya datang bersama Direktur RS Urip Sumoharjo Novayanti beserta lima tenaga medisnya. “Kami datang sekitar jam satu siang, untuk melihat kondisi korban Tsunami di Kalianda,” kata Mafud melalui sambungan telpon, Minggu (23/12) sore.

Selain membawa tenaga medis, pihak RS Urip Sumoharjo dan Baznas Provinsi Lampung turut memberikan batuan berupa obat-obatan serta dua unit ambulan yang siap siaga melayani transportasi bagi korban yang membutuhkan.

“Beberapa korban yang tidak dapat ditangani di Bob Bazar kemudian kita rujuk ke RS Urip Sumoharjo, agar bisa segera ditangani,” ujar Mahfud.

Untuk selanjutnya, sambung Dia, Baznas Lampung juga akan berkoordibasi dengan Baznas Lampung Selatan guna memberikan bantuan. “Kalau kami tidak bisa meng-handle juga menangani korban di Kalianda, maka selanjutnya kami akan minta bantuan dari Baznas Pusat,” tandasnya.

Untuk saat ini, Baznas Lampung menghimbau agar masyarakat tetap waspada. Utamanya bagi yang tinggal dekat dengan kawasan pantai agar mencari daerah yang lebih aman. “Karena untuk saat ini gelombang pasang di laut masih sulit untuk di deteksi,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur RS Urip Sumoharjo Novayanti mengaku, telah merujuk tiga korban dari RSUD Bob Bazar ke RS Urip Sumoharjo guna mendapatkan perawatan lebih intensif. Kebanyakan pasien yang dirawat mengalami patah tulang akibat benturan ketika dihempas gelombang pasang air laut

“Satu di antara korban tersebut mengalami penurunan kesadaran, sehingga untuk saat ini kita minta pengecekan dari dokter syaraf terlebih dahulu. Kemudian kalau dibutuhkan operasi maka akan dilakukan dengan segera,” katanya via telpon. (ega/kyd)

Komentar

Rekomendasi