oleh

Facebook Aktifkan Layanan Khusus Pemantau Tsunami Lampung-Banten

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bencana tsunami Sabtu (22/12) malam turut memantik perhatian khusus aplikasi Facebook. Mengikapi bencana yang melanda pesisir Lampung dan Banten tersebut, facebook mengaktifkan menu Safety Check.

Fitur Safety Check dikembangkan Facebook sebagai sistem informasi darurat saat terjadi bencana. Sejatinya fitur tersebut mulai diperkenalkan sejak tahun 2014, terinspirasi dari peristiwa bencana gempa bumi yang menimpa Jepang di tahun 2011.

Ya, dengan mengaktifkan Safety Check, pengguna Facebook yang berada di lokasi sekitar kejadian akan menerima notifikasi apakah mereka aman dari bencana tsunami atau tidak. Kondisi terkini bakal tampi di fitur Friends in Area di menu Crisis Response. Fitur ini juga berguna untuk mengetahui apakah kerabat pengguna di Facebook yang berada di area bencana selamat atau tidak, berdasarkan lokasi.

Bagi pengguna yang ingin mengecek keadaan kepada temannya yang ada di daerah tersebut, cukup klik menu Ask if Safe. Setelah itu, permintaan itu bakal disampaikan ke kerabat tersebut lewat notifikasi.

Kecanggihan lain bisa didapati dari menu Support. Ya, dengan menu ini seseorang bisa menggalang bantuan sesama pengguna Facebook. Mulai dari kebutuhan pokok, seperti makanan dan pakaian, hingga tempat tinggal.

Agar bisa mengaksesnya, pengguna bisa login ke Facebook, lalu klik “See More” di sebelah kiri deretan menu di halaman utama. (net/sur)

Komentar

Rekomendasi