oleh

RS Keliling Sisir Korban Tsunami Kalianda dan Rajabasa

radarlampung.co.id – Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo menginisiasi rumah sakit keliling (mobile) untuk penanganan korban tsunami di Kecamatan Rajabasa dan sekitarnya. Fasilitas tersebut akan menyisir Kecamatan Kalianda hingga Rajabasa, Senin (24/12).

Di mana, fokus pemerintah ini mengevakuasi korban yang tertimbun reruntuhan bangunan atau hilang terseret ombak. ”Rumah sakit keliling ini untuk memperkuat pelayanan pusat kesehatan yang terdampak bencana. Selain itu, kita juga terus melakukan upaya tanggap darurat. Termasuk memulihkan akses guna memperlancar evakuasi,” kata Ridho Ficardo di RSUD dr. Bob Bazar Kalianda, Minggu (23/12).

Menurut dia, respons pemerintah daerah juga sangat baik dalam penanganan korban. Pemprov Lampung akan menyuplai obat-obatan hingga memulihkan infrastruktur listrik. ”Selain penangananan korban, kami juga menyiapkan rehabilitasi pasca kejadian ini,” tegasnya.

Terkait pulau-pulau yang masih terisolir, Ridho menyatakan bakal melibatkan pihak terkait untuk menembus wilayah seperti Pulau Sebesi dan Legundi. ”Insha Allah besok. Semakin cepat semakin baik. Kami sedang berkoordinasi dengan pemkab, termasuk kepolisian dan TNI Angkatan Laut (AL),” urainya.

Lebih lanjut Ridho mengungkapkan, ia sudah meminta pihak terkait mendata kerusakan pascabencana. ”Ada mekanisme penanganan tanggap darurat infrastruktur. Kita dukung full untuk itu,” ucapnya. (ver/ais)

Komentar

Rekomendasi