oleh

SIMPAD Bakal Jadi Senjata Pemkab Pesawaran Maksimalkan Capaian PAD

RADARLAMPUNG.CO.ID – Satu terobosan akan dilakukan Pemkab Pesawaran untuk memaksimalkan capaian target pendapatan asli daerah (PAD). Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) setempat 2019 mendatang berencana membuat aplikasi sistem informasi manajemen pendapatan asli daerah (SIMPAD).

Kepala Bapenda Pesawaran Wildan mengatakan, SIMPAD tersebut berfungsi untuk memberikan informasi dan kemudahan dalam kegiatan input data PAD.

“Kita akan study banding ke Boyolali nantinya. Dan akan kita terapkan pada 2019 mendatang. Nanti orang atau pengusaha bisa setor pajak atau retribusi sendiri melalui aplikasi tersebut,” ungkap Wildan Minggu (23/12).

Selain pembuatan aplikasi SIMPAD, pihaknya juga menganalisis potensi PAD melalui ekstensifikasi dan intensifikasi PAD dari sektor pajak dan retribusi. Di mana, dari laporan akhir analisis potensi PAD beberapa waktu lalu terdapat potensi PAD melalui upaya ekstensifikasi, yakni retribusi pariwisata; reteibusi alat pemadam kebakaran; retribusi tera ulang; limbah cair; retribusi rumah potong hewan; dan retribusi kepelabuhanan.

“Kalau intensifikasi tinggal optimalisasi saja, dan untuk ekstensifikasi sudah ada beberapa potensi PAD,” jelasnya. (ozi/sur)

Komentar

Rekomendasi