oleh

Desember Ini PMI Asal Mesuji Tembus Seribu Lebih

RADARLAMPUNG.CO.ID – Lima negara menjadi tujuan favorit pekerja migran Indonesia (PMI/TKI) asal Mesuji. Lima negara itu yakni Brunei Darussalam, Singapura, Taiwan, Hongkong, dan Korea Selatan.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Mesuji Arif Arianto mengatakan, sampai 25 Desember 2018 ini tercatat 1.414 warga setempat memilih mengadu nasib dan bekerja di luar negeri sebagai PMI. “Jumlah (PMI) asal Mesuji yang terdaftar di Disnakertrans dari tahun 2012 sampai tahun 2018 tercatat 1.414,” katanya.

Arif mengatakan, sebagian besar PMI bekerja di sektor informal. Seperti perkebunan dan pembantu rumah tangga. Sedangkan faktor penyebab minat warga mencari nafkah di luar negeri adalah kondisi ekonomi. “Karena penghasilan kecil, kemudian seseorang memutuskan merantau ke negara lain dengan harapan mendapatkan upah lebih besar. Jadi ya rata-rata karena ingin gaji lebih besar,” tuturnya.

Dia berharap bagi warga Mesuji yang ingin menjadi PMI agar melawati jalur resmi. Sehingga jika sudah sampai di luar negeri lebih mudah dalam hal penanganan manakala terkena masalah. “Bisa langsung ditangani KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di negara tujuan dia bekerja,” terangnya.

Di sisi lain, bekerja menjadi PMI memang sudah menjadi tradisi bagi warga tertentu. “Namun saat ini dengan makin banyaknya investor-investor yang masuk ke Mesuji kita sangat berharap bisa menekan jumlah warga yang menjadi TKI di luar negeri,” tutupnya. (muk/sur)

Komentar

Rekomendasi