oleh

KPU Kian Sibuk, PPK dan PPS Turut Jadi Korban Tsunami

RADARLAMPUNG.CO.ID – Musibah tsunami di Lampung, terutama lokasi terparah Lampung Selatan (Lamsel) membuat KPU Lamsel harus kembali melakukan pendataan. Apalagi, di Lamsel sedikitnya tercatat empat kecamatan terkena dampak tsunami Sabtu (22/12) malam.

Hal ini disampaikan Komisioner KPU Lamsel Sri Fatimah. Menurutnya di Lamsel yang terkena dampak mulai Kecamatan Katibung, Kecamatan Sidomulyo, Kecamatan Kalianda, dan Kecamatan Rajabasa. Namun, KPU Lamsel akan memfokuskan pendataan pada penyelenggara lebih dulu karena di empat kecamatan beberapa PPK (panitia pemilihan kecamatan) dan PPS (panitia pemungutan suara) turut jadi korban.

“Tapi yang sekarang lagi kami data adalah penyelenggara pemilu yang terkena musibah tsunami,” ujar Sri melalui pesan WhatsApp Selasa (25/12).

Untuk pendataan pemilih, Sri menyebut masih belum melakukannya. Lokasi TPS nantinya akan ditentukan mendekati 17 April 2019. “Kami akan lihat dulu, lokasi desa yang terkena dampak parah. Akan kami petakan TPS-nya nanti lokasinya di mana, kami akan pilih lokasi yang aman,” tambahnya.

Sri menjelaskan, saat ini fokus pendataan pada kondisi penyelenggara. “Untuk sementara ini kami masih mendata penyelenggaranya dan keluarga mereka. Seperti rumah ketua PPK Rajabasa yang rata dengan tanah, rumah PPS di Pulau Sebesi yang juga rusak parah. Hal serupa seperti di rumah PPS Desa Kunjir rata dengan tanah,” jelasnya.

Saat ini, KPU Lamsel beserta PPK dan PPS se-Lamsel juga membuka posko bantuan untuk membantu penyelenggara yang terkena musibah tsunami. (rma/sur) 

Komentar

Rekomendasi