oleh

Penanganan Korban, Pelayanan Kesehatan, Baru Pemulihan

radarlampung.co.id – Rombongan menteri yang terdiri dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beserta rombongan mengunjungi RSUD Bob Bazar, Selasa (25/12).

Rombongan mengecek langsung dan berkomunikasi dengan para korban tsunami yang tengah menjalani perawatan. Salah satunya dengan Yuliati, korban selamat yang sempat terapung selama empat jam di laut.

Puan Maharani mengatakan, saat ini yang terpenting adalah penanganan SAR terlebih dahulu, dan pelayanan kesehatan. Setelah itu baru dilakukan pemulihan. ”Penanganan SAR dulu. Kita, evakuasi kemudian pelayanan kesehatan,” kata Puan.

Untuk pemulihan, terlebih dahulu dilakukan validasi dan pendataan. Bagian mana saja yang rusak, seperti bangunan dan lainnya. ”Nanti ke tahap pemulihan. Untuk satu minggu ini kita tetapkan sebagai masa tahap tanggap darurat. Yakni proses evakuasi dan lainnya,” tegasnya.

Terkait bantuan untuk korban bencana, pihaknya akan memberikan santunan kepada ahli waris. Setiap korban akan mendapat santunan Rp15 juta. “Ya, kita minta didata dulu oleh pemkab. Baru nanti kita serahkan. Tadi sudah saya serahkan secara simbolis di Desa Waymuli,” sebut dia. (pip/ais)

 

Rombongan menteri saat mengunjungi  korban tsunami yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Bob Bazar Kalianda, Selasa (25/12). FOTO PRIMA IMANSYAH PERMANA/RADARLAMPUNG.

 

Komentar

Rekomendasi