oleh

Radin Inten II Kejar Kelaikan Landasan Pacu

radarlampung.co.id – Meski sudah berstatus internasional, Bandara Radin Inten II Lampung Selatan masih belum bisa digunakan sebagai embarkasi haji karena landasan pacu belum laik untuk menopang pesawat berbadan besar.

Beberapa waktu lalu, Pemprov Lampung sempat meminta penundaan lelang secara nasional pengadaan haji bulan November. Namun pelelangan sudah sesuai jadwal. Meski demikian, Pemprov Lampung tetap menyiapkan anggaran ongkos transit daerah (OTD).

Kepala Dinas Perhubungan Lampung Qudrotul Ikhwan mengatakan, jadwal haji sudah ditetapkan. Ada beberapa syarat teknis yang perlu dikejar, salah satunya nengenai landasan pacu bandara.

“Kendalanya adalah ketebalan landasan pacu yang mesti kita kejar. Beberapa waktu lalu, Dirjen Pelaksanaan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI bilang, jika sudah alih status jadi internasional, maka akan membantu mengusulkan embarkasi penuh. Sekarang sudah internasional. Yang jelas kita sama-sama mendorong ke arah sana,” katanya, Selasa (25/12).

Terpisah, Humas Bandara Radin Inten II Lampung Selatan Wahyu Aria Sakti menambahkan, peningkatan Pavement Classification Number (PCN) landadan pacu memang masih menunggu Anggaran dari Kementerian Perhubungan.

Diketahui, saat ini nilai PCN Landasan Pacu Bandara masih di angka 63-64. Seharusnya, jika untuk pesawat berbadan besar nilainya 73. “PCN 73 itu untuk melayani embarkasi pesawat berbadan besar yang jumlahnya hampir 400 penumpang. Akan kita komunikasikan soal ini,” tambahnya. (abd/kyd)

Komentar

Rekomendasi