oleh

Ratusan Warga Pulau Sebesi Dievakuasi

radarlampung.co.id – Warga Pulau Sebesi, Kecamatan Rajabasa dievakuasi Selasa (25/12). Ratusan warga tiba menggunakan kapal dari pulau yang berada dekat dengan Gunung Anak Krakatau tersebut.

Di sisi lain, tim gabungan juga sibuk mendistribusikan logistic. Terlihat anggota TNI dan Polri bahu membahu membawa bahan pokok seperti beras, mi instan dan kebutuhan lain ke atas kapal.

Marsita (45), warga pulau Sebesi mengatakan, sampai saat ini warga masih berharap untuk dievakuasi. Sebab cuaca dan keadaan yang kurang mendukung. “Berharap semua keluarga bisa dievakuasi ke sini. Karena masih khawatir juga sih,” kata dia.

Menurut Marsita, sejak kemarin bantuan sudah mulai masuk ke Pulau Sibesi. Perjalanan dari pulau ke dermaga Canti ditempuh selama 2,5 jam. “Biasanya cuma satu jam. Tapi karena tadi ombak masih tinggi, jadi bisa sampai dua jam,” sebut wanita yang mengenakan baju daster putih ini.

Sementara Desi (35) warga lain yang dievakuasi mengatakan, dia baru bisa pulang hari ini lantaran sempat tertahan besarnya ombak. Desi yang merupakan warga Rajabasa mengaku awalnya hendak berlibur ke Pulau Sebesi mengunjungi rumah neneknya.

“Yang pulang ini orang perantauan saja. Warga asli sebagian masih bertahan. Nenek juga masih di sana,” jelasnya.

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mengatakan, sejak kemarin bantuan sudah masuk ke pulau terluar seperti Sebesi dan Sebuku.

“Sudah kita tembus. Dari KKP dan Polair serta TNI AL sudah ke sana. Bantuan sudah dikirim seperti makanan dan obat-obatan,” katanya saat mendampingi para menteri kabinet kerja.

Terpisah, Plt. Kadiskominfo Lampung Selatan Sefri Masdian mengatakan, warga yang sudah dievakuasi sekitar 116 orang. Sebanyak 101 orang dari Pulau Sebesi dan 15 dari Sebuku. (nca/pip/ais)

 

Komentar

Rekomendasi