oleh

Serangan Penyakit Lengkapi Penderitaan Pengungsi Tsunami

radarlampung.co.id – Para pengungsi korban Tsunami di Kompleks Perkantoran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung terserang berbagai penyaakit. Mulai dari batuk pilke, gatal-gatal, hingga diare.

Dr. Theresa yang merupakan bagian dari tim medis di pengungsian mengaku, sejak hari pertama hingga sekarang sudah menangani lebih dari 300 orang dengan berbagai macam keluhan para balita hingga lansia.

“Kebanyakan mereka yang mengeluh kepada kita itu lansia. Macam-macam juga deritanya, mulai dari batuk pilek, kulitnya gatal-gatal, hipertensi atau darah tinggi juga banyak. Untuk hari ini saja sudah terima 27 pasien yang mengeluh diare dan seorang remaja yang mengeluh kuku kakinya sakit,” katanya saat ditemui di kamp pengungsian, Selasa (25/12).

Beruntung, sambung dia, ketersediaan obat di pos medis cukup memadai karena suply obat langsung dibantu oleh Ikatan Apoteker Indonesia (IAI). “Untuk obat-obatan kita ready. Semua ada, sampai saat ini belum ada yang kita rujuk karena masih bisa kita tangani,” ujar dokter RS DKT tersebut. (mel/kyd)

Komentar

Rekomendasi