oleh

KPU Lampung Data TPS Rawan Bencana

radarlampung.co.id – Bencana tsunami yang menerjang beberapa daerah di Lampung tidak hanya mengakibatkan banyak calon pemilih yang meninggal dunia. Selain menghapus data pemilih korban tsunami, KPU Lampung juga menyatakan akan mendata tempat pemungutan suara (TPS) yang dinilai rawan bencana.

Komisioner KPU Lampung Handi Mulyaningsih menjelaskan, pendataan ini akan dilakukan tidak hanya di TPS yang terkena dampak tsunami seperti, Lamsel, Pesawaran maupun Tanggamus. Namun seluruh daerah di Lampung yang masuk dalam wilayah rawan bencana.

“Kami sedang mendata berapa TPS yang terkena dampak tsunami di Lampung Selatan. Untuk di Pesawaran dan Tanggamus kami mendata TPS yang rawan bencana. Bahkan seluruh KPU kabupaten dan kota kami minta untuk mendata lokasi TPS yang masuk kategori rawan banjir, longsor, maupun lokasi pinggir pantai,” kata Handi di kantornya, Rabu (26/12).

Sementara untuk lokasi yang sudah tercatat rawan bencana atau yang telah terkena bencana banjir di Tanggamus dan tsunami di Lamsel nantinya akan diberikan beberapa pilihan dalam mendirikan TPS. Jangan sampai, kata Handi, lokasi yang memang rawan tetap didirikan TPS.

“Misalnya seperti di Pulau Legundi. Ini lokasi yang juga terkena dampak. Padahal kami memiliki TPS yang didirikan disana. Maka kemungkinan nantinya TPS akan dipikirkan, akan dipindahkan di mana. Karena sebelumnya pendirian TPS berdasarkam lokasi yang dekat dengan pemilih,” jelasnya.

Nantinya, sambung Handi, pendirian TPS akan mengacu pada beberapa hal. “Jika TPS yang didirikan masuk dalam zona rawan dan tidak memungkinkan dalam pemilihan maka akan kami pindahkan. Seperti TPS yang dekat dengan pantai maka akan kami relokasi,” tandasnya. (rma/kyd)

Komentar

Rekomendasi