oleh

Pemilih Perempuan Lebih Mendominasi

radarlampung.co.id – Komisioner KPU Bandarlampung Feri Triatmojo menilai kepesertaan perempuan dalam Pemilu di Indonesia masih sangat minim. Padahal, perempuan lebih tinggi kepartisipasiannya dibanding laki-laki. Ini dibuktikan dari data partisipasi pemilih di Bandarlampung.

Hal itu dikatakan Feri dalam Diskusi Senja dan Doa bersama bertajuk Srikandi di ruang publik (peran dan pengaruhnya dalam pemilu) di Warung Nongkrong, Rabu (26/12).

“Partisipasi pemilu sebenarnya perempuan lebih tinggi dibanding laki-laki. Pada Pilgub saja, Bandarlampung bahkan di Lampung cukup tinggi. Sebenarnya perempuan itu bisa dikatakan seperti strategi marketing. Perempuan harus ada walaupun faktanya memang Caleg yang terpilih banyak laki-laki dibanding perempuan, tapi faktanya begitu,” kata Feri.

Sementara dalam diskusi ini, salah satu peserta diskusi menanyakan soal mobilisasi Lapas yang dinilai masih minim. Sebab, dirinya pernah menjadi salah satu pengajar di Lapas selama setahun.

“Ini masukan yang sangat bagus sekali, sebenarnya kami juga khawatir ada mobilisasi di Lapas. Karena disana jangankan mobilisasi suara, kejahatan disana saja ada lebih besar lagi yang bisa dikendalikan dalam lapas, misalnya narkotika,” jawab Feri.

Namun, kata dia, kekhawatiran bisa diatasi di Pilgub Lampung 27 Juni lalu. Di mana hasilnya waktu itu, suara pemilih lapas tak hanya condong di satu calon gubernur dan wakil gubernur saja.

“Jadi faktanya pilgub di Lapas itu suara pemenangnya tidak homogen pada satu calon tapi heterogen, merata. Tapi memang untuk prinsip di dalam lapas hak konstitusional sama saja seperti pemilih lainnya. Justru tingkat pengawasannya jauh lebih besar di luar lapas,” tandasnya.

Feri menyakini, sekitar 1000 orang pemilih di Lapas Kelas IA Bandarlampung dan Lapas Rajabasa dipastikan tak seluruhnya menggunakan hak pilih pada 5 jenis surat suara. “Paling tidak tiga jenis surat suara yang dipilih karena terdapat persoalan alamat yang akan disesuaikan dengan dapil dan tidak semuanya warga Bandarlampung,” tandasnya. (rma/kyd)

Komentar

Rekomendasi