oleh

Studi Wisata SD Al Kautsar Tingkatkan Wawasan Siswa

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebanyak 210 siswa SD Al Kautsar melakukan studi wisata ke Jakarta dan Bandung selama empat hari, Selasa (25/12) hingga Jumat (28/12). Studi wisata dilakukan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan para siswa.

Kepala SD Al Kautsar Yus Indra mengatakan, studi wisata tersebut bertujuan meningkatkan wawasan dan pengalaman siswa.

“Studi wisata ini tidak hanya mengunjungi lokasi wisata saja, tapi juga melakukan wisata edukasi seperti ke PP Iptek, Museum Geologi, serta Galeri Sains di Trans Studio,” ujar Yus Indra kepada Radar Lampung melalui sambungan telepon Rabu ( 26/12).

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Pengembangan Kurikulum yang juga guru pendamping Studi Wisata Sholdan Hadi menjelaskan, studi wisata merupakan program rutin tahunan yang diiikuti oleh siswa kelas VI.

Menurut dia, di Jakarta, rombongan studi wisata akan mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah. Di sana, lanjutnya, para siswa akan belajar tentang keragam budaya di Indonesia. Setelah itu ke PP Iptek untuk memberikan wawasan tentang berbagai penelitian dan perkembangan tekhnologi.

“Kami juga akan mengunjungi Kota Tua, di sana kan banyak museum dan gedung-gedung bersejarah yang dapat meningkatkan wawasan sejarah para siswa,” ujar Sholdan Hadi.

Sedangkan di Bandung, rombongan akan mengunjungi Museum Geologi, Tangkuban Perahu, Floating Market, dan Trans Studio. “Di Trans Studio ini sasaran utamanya Galeri Sains, selain wahana permainan lainnya yang dapat dinikmati siswa,” tuturnya.

Rombongan studi wisata yang terdiri dari 210 siswa tersebut didampingi oleh 21 guru. Berangkat dari sekolah Selasa (25/12) pagi menggunakan beberapa bus pariwisata.

Menurut Sholdan Hadi, awalnya studi wisata tersebut dilaksanakan mulai 24 Desember, tapi menyikapi kondisi cuaca dan gelombang laut yang tinggi, pemberangkatan diundur satu hari.

“Kami sudah berkoordinasi dengan ASDP dan BMKG, kondisi cuaca dan gelombang dinyatakan aman untuk penyeberangan, akhirnya diputuskan berangkat hari ini,” katanya. (gie/sur) 

Komentar

Rekomendasi