oleh

Cuaca Laut Normal, Pengungsi Boleh Pulang

radarlampung.co.id – Pemkot Bandarlampung bersama BMKG Maritim Lampung menyatakan cuaca laut sudah aman. Untuk itu, para pengungsi diimbau untuk kembali ke rumah masing-masing.

Wali Kota Bandarlampung Herman HN melalui Asistan I bidang Pemerintahan dan Kesra Sukarma Wijaya mengatakan, beradarkan hasil rapat bersama BMKG diketahui kondisi ketinggian air laut sekarang sudah kembali normal seperti hari biasa.

“Di teluk Lampung sendiri tinggi untuk tiga hari ke depan gelombangnya maksimal mencapai 0,7 atau tidak sampai 1 meter. Menurut BMKG normal dan aman, jadi untuk masyarakat saya pikir berdasarkan data itu bisa pulang ke rumah,” katanya di ruang rapat Wali Kota, Kamis (27/12).

Forekaster Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Lampung Neneng Kusrini menjelaskan, kondisi kemarin 22 Desember 2018 adalah murni akibat aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK).

“Kalau untuk kondisi cuaca pada saat itu normal, adanya pasang surut air laut saat purnama atau siklus astronomi itu normal. Untuk tsunami kemarin memang adanya longsoran dari GAK sendiri. Dari informasi yang kami dapat dari vulkanologi, status GAK memang masuk level tiga, Siaga. Tapi kalau cuaca sudah normal lagi,” tambahnya. (mel/kyd)

Komentar

Rekomendasi