oleh

Kadis PUPR Tubaba: Tugu Rato Retak Karena Letusan Anak Gunung Krakatau

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tulangbawang Barat (Tubaba) mengakui ada keretakan di sejumlah titik bangunan Tugu Rato Nago Besanding. Namun, dirinya yakin hal itu tidak akan mempengaruhi struktur bangunan utamanya.

“Ini (retak dan amblas) hanya terjadi pada bangunan tambahan seperti bangunan lingkaran kolam dan struktur sayap dinding. Kalau bangunan utamanya tetap kokoh, jadi tidak perlu khawatir,” ungkap Kadis PUPR Tubaba Iwan Mursalin saat meninjau retaknya bangunan Tugu Rato Nago Besanding, Kamis (27/12).

Namun, Iwan juga tidak menampik dugaan amblasnya sejumlah titik bangunan tersebut dikarenakan timbunan tanah di bawah tugu yang bergerak akibat getaran kendaraan yang melintas. “Bisa jadi juga, retak dan amblasnya bangunan ini karena pengaruh letusan Anak Gunung Krakatau,” candanya.

Untuk menjaga keindahan bangunan tersebut, pemkab akan melakukan pemeliharaan menyeluruh tahun 2019 mendatang. “Bagian yang rusak-rusak ini akan kita perbaiki semua tahun depan, termasuk amblasnya jalan paping yang melingkari tugu,” ujarnya. (fei/sur)

Komentar

Rekomendasi