oleh

Lambar Siaga, Pekon Siapkan Satgas Penanggulangan Bencana

radarlampung.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Barat menyampaikan surat ke seluruh kecamatan dan meminta peratin siaga bencana. Kemudian menyiagakan tim satuan tugas penanggulangan bencana masing-masing pekon selama lima orang.

“BPBD menyiagakan perahu karet dan fiber pada empat titik wisata. Kemudian satu unit perahu fiber dan posko di wisata Danau Asam Suoh. Satu perahu karet di wisata Hamtebiu dan perahu fiber di Danau Ranau serta satu unit di lokasi wisata Arung Jeram Sumber Jaya,” kata Kepala BPBD Lambar Maidar, Kamis (27/12).

Menurut dia, data BNPB menunjukkan indeks resiko bencana Lampung Barat 214. Artinya, kabupaten itu masuk dalam kategori tinggi.

”Saat ini Lambar sedang mengalami peningkatan curah hujan, sehingga menyebabkan adanya kerawanan bencana, khususnya longsor. Oleh karena itu diperlukan kesiagaan di seluruh wilayah agar langkah antisipasi terhadap kedaruratan dapat segera diatasi,” tegasnya.

Siaga bencana juga bertujuan mengantisipasi wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata agar dapat terpantau dan meminimalisir tingkat bencana atau kecelakaan bagi pengunjung. ”Masyarakat juga harus diberi pemahaman dan kesadaran untuk menghadapi potensi bencana alam. Mitigasi bencana sangat penting untuk meningkatkan self assistance dalam menghadapi bencana,” urainya. (nop/ais)

 

Komentar

Rekomendasi