oleh

Disidang, Erwansyah Berdalih Hanya Berikan Pendidikan Politik

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bandarlampung menggelar sidang pemeriksaan di Kantor Bawaslu Bandarlampung, Jumat (28/12). Sidang dilakukan terkait kasus dugaan kampanye tak adanya surat tanda terima pemberitahuan (STTP) kepolisian dengan terlapor caleg DPRD Bandarlampung PAN Erwansyah.

Dalam sidang ini, Erwansyah menjelaskan ihwal kejadian yang disangkakan padanya soal politik uang. Dirinya mengaku justru melakukan pendidikan politik, tidak berkampanye.

“Ya saya diminta hadir di rumah sepupu saya, terus saya diminta menyampaikan sesuatu. Akhirnya saya berikan pendidikan kampanye. Saya jelaskan soal lima jenis pemilihan pada pemilu 2019, ya akhirnya saya tanya apa ibu-ibu tau pemilihan apa saja, surat suara apa saja dan mereka jawab tidak tahu,” jelas Erwansyah dalam persidangan.

Kemudian, dirinya menjelaskan jika ada lima surat suara yang akan digunakan. Mulai dari capres, cawapres, dan DPD RI yang memiliki foto, kemudian surat suara lainnya milik DPR RI, DRPD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota. Barulah dirinya mengulang kembali seraya meminta ibu-ibu (peserta arisan) maju dan kembali mengulangi pertanyaannya. Ketika telah dijawab, dua dari tiga orang mendapatkan uang darinya masing-masing Rp50 ribu.

Erwansyah menjelaskan kegiatan itu menurutnya tak ada unsur kampanye, sehingga dirinya tak mengurusi STTP yang merupakan syarat mengadakan kampanye. “Saya tidak berfikir itu kampanye, sebatas hadiah saja kepada mereka. Kehadiran saya juga spontan bebrapa jam sebelum kegiatan mereka. Saya datang jam 14.30 WIB kira-kira,” jelasnya.

Mengenai dugaan pembagian bahan kampanye berupa mug, Erwansyah mengatakan tidak dibagikan melalui dirinya.

“Tidak ada bahan kampanye yang saya bagikan. Kalau ada air mineral kemasan berwajah saya dan mug juga ada berlogo saya dan bernomor urut tapi itu ada di rumah sepupu saya, tapi tidak dibagikan oleh saya. Pembagian mug justru saya tahu dari Bawaslu, saya memang tahu mug ada di rumah Lela, kakanya yang punya rumah. Itu memang ada acara rutin tiap minggu saat senam termasuk air mineral,” jelasnya. (rma/sur) 

Komentar

Rekomendasi