oleh

Tinggi Gunung Anak Krakatau Nyaris Setengah dari Ibunya

Vidio By Rizky Panchanov/RADARLAMPUNG.CO.ID

Terpantau Tumbuh dengan Cepat

ANAK Krakatau muncul dari kaldera Gunung Krakatau yang berada di bawah permukaan laut. Puncak Gunung Anak Krakatau mulai terlihat di permukaan air pertama kali pada 26 Januari 1928, namun dicatat lahir pada 30 Januari 1930 oleh Badan Geologi ESDM 2011. Menurut peneliti geodinamika Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB, Irwan Meilano, gunung ini bertumbuh amat cepat.

Peregangan ini terjadi karena pergerakan lempeng Indo-Australia yang menjauh dari lempeng benua Eurasia. Pergerakan ini menciptakan graben aktif di Selat Sunda dan membuka jalur keluar magma yang menjadi dapur dari Gunung Krakatau.

Rekahan ini juga memengaruhi deretan aktivitas vulkanik gunung-gunung yang terbentang di utara-selatan Selat Sunda, yaitu Sukadana, Rajabasa, Sabesi, Sebuku, dan Krakatau.

Dari deretan tersebut Krakatau yang paling cepat tumbuh karena adanya beberapa kantong magma di bawah yang siap memasok magma ke permukaan. Menurut dia kantong itu berada di lapisan dangkal (kurang dari 7 km) dan lapisan tengah (7-22 km).

Komentar

Rekomendasi