oleh

Tolong Bantu, Desa Banding Sulit Dapatkan Bantuan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bencana tsunami di Lampung Selatan membuat banyak pihak turut hadir dan memberikan bantuan semaksimal mungkin. Sayangnya, bantuan ternyata belum merata didapat para pengungsi.

Seperti didapati salah satu caleg DPR RI dapil Lampung 1 dari Partai Golkar, Giovani Anggasta. Vani -sapaan akrabnya- Kamis (27/12) malam turut bergabung bersama dengan pengungsi di Desa Banding, Rajabasa Lampung Selatan.

Sayangnya di kali ketiganya ia bergabung dengan korban tsunami ini, Vani melihat banyak bantuan yang tidak disebar merata. Termasuk bantuan yang masuk ke Desa Banding, Rajabasa.

“Iya benar, semalam (27/12) saya ikut menginap bersama masyarakat. Kebetulan saya di Desa Banding, Rajabasa. Ini sudah ke tiga kalinya. Namun saya melihat minim sekali bantuan untuk warga di sini. Lokasi cukup terisolir karena pengungsiannya di gunung,” jelas Vani melalui pesan WhatsApp Jumat (28/12).

Vani mengatakan, akses jalan menuju lokasi pengungsian yang berada di gunung memang cukup sulit diakses. Sebab, jalan utama menuju pengungsian sangat licin karena jalan berdasar tanah liat. Belum lagi hujan yang kerap turun di lokasi.

Padahal, kata dia, masyarakat di sana sangat membutuhkan bantuan. Belum lagi trauma mereka pasca tsunami dan dentuman suara dari Gunung Anak Krakatau yang amat terasa. “Saya melihat ketakutan wajah warga di sana, terlebih suara dentuman sangat terdengar dari Gunung Anak Krakatau apalagi statusnya saat ini siaga 3,” jelasnya.

Melihat kondisi ini, Vani berharap pemerintah bisa segera merelokasi pengungsi terutama yang ada di daerah pegunungan agar cepat mendapatkan tempat tinggal lebih layak. Terlebih masih banyak bayi belum mendapatkan selimut dan bantuan lainnya.

“Warga di sana cerita, bantuan yang ada dari posko yang ada di bawah berjalan sangat lambat dalam membagikan bantuannya. Justru pengungsi harus turun ke posko untuk mengambil bantuan. Namun, saat mereka datang bantuan sudah habis. Untuk itu akan lebih efektif dan membantu, bagi masyarakat atau posko lainnya bila mendonasikan bantuan langsung pada warganya yang ada di lokasi Banding, Rajabasa, Lamsel,” tandasnya. (rma/sur) 

Komentar

Rekomendasi