oleh

Nunik Serahkan Bentor untuk 11 Bank Sampah

radalampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur menyerahkan hibah berupa 11 unit bentor kepada lembaga bank sampah, Senin (31/12). Acara yang berlangsung di Desa Tanjungkusuma, Kecamatan Purbolinggo itu dihadiri  Bupati Chusnunia Chalim.

“Sampah dan pengelolaannya merupakan masalah yang muncul di setiap daerah. Termasuk di Lampung Timur,” kata Chusnunia didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Pemukiman, dan Pertanahan (DLHPP) Datang C. Hartawan saat menyerahkan bentor kepada lembaga Bank Sampah.

Nunik—sapan akrab Chusnunia berharap bantuan bentor dapat mengurangi masalah sampah di Lamtim. “Bentor ini harus dimanfaatkan sesuai peruntukannya, sehingga ke depan pengelolaan sampah akan lebih optimal,” tegasnya.

Sementara Datang C. Hartawan menjelaskan, sebelumnya pada 2017, DLHPP Lamtim sudah menyerahkan enam unit bentor kepada lembaga bank sampah. Masing-masing Bank Sampah Berkah Sumber Sari Kecamatan Sekampung; Bank Sampah Makmur Banjaragung, Kecamatan Sekampungudik, dan Bank Sampah Kartini Terpadu Nibung, Kecamatan Gunungpelindung.

Kemudian, Bank Sampah Komunitas Peduli Sampah Tanjungkesuma, Kecamatan Purbolinggo; Bank Sampah Sahabat Hudayah Masyarakat Kecamatan Raman Utara, dan Bank Sampah Forum Silaturahmi Pemuda Jojog Kecamatan  Pekalongan.

”Hibah ini bertujuan membantu mengoptimalkan pengolahan sampah yang berbasis pada peran partisipasi masyarakat. Seperti yang diamanahkan dalam UU Nomor 18/2008 tentang Pengelolaan Sampah,” kata Datang. (wid/ais)

Komentar

Rekomendasi