oleh

456 PPK se-Lampung Dilantik Besok

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebanyak 456 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) penambahan se-Lampung bakal dilantik serentak Rabu (2/1). PPK penambahan tersebut guna melengkapi PPK Pemilu 2019 sebelumnya yang berjumlah tiga orang per kecamatan.

Ya, jumlah PPK Pemilu 2019 ini sebelumnya diketahui berjumlah tiga orang per kecamatan. Namun bertambah menjadi lima PPK per kecamatan yang membuat KPU kabupaten/kota akhirnya kembali membuka rekrutmen.

Komisioner KPU Lampung Sholihin mengatakan, semua PPK di seluruh kecamatan akan ditambah menjadi lima orang. Dan pelantikannya serentak dilakukan Rabu (2/1).

“Iya benar, karena ada penambahan dua orang per kecamatan, besok ada pelantikannya. Semua se-Lampung serentak besok,” jelas Coing -sapaan akrab Sholihin-.

Sementara Fadillasari, Komisioner KPU Bandarlampung Divisi SDM dan Parmas mengatakan Bandarlampung akan melantik sebanyak 40 PPK penambahan untuk Pemilu 2019. “Iya besok kami akan melantik 40 PPK, ini didapat dari jumlah kecamatan. Di Bandarlampung kan ada 20 kecamatan. Makanya semula ada 60 PPK, sekarang kalau ditotal 100 PPK,” jelas Ila melalui ponselnya Selasa (2/1).

Ila menjelaskan, jumlah 5PPK sebenarnya bukan hal yang baru. Karena sejak Pemilu sebelumnya pun PPK sudah berjumlah 5 orang per kecamatannya. Namun dalam Undang-undang Nomor 7/2017 tentang Pemilu disebut harus tiga orang. Hingga ada gugatan ke Mahkamah Agung soal aturan tersebut, sehingga PPK Pileg yang sudah terbentuk sebelumnya harus bertambah untuk PPK Pemilu 2019. “

Makanya kami melakukan penambahan,” imbuhnya.

Sementara masa kerja PPK Pemilu 2019 hanya lima bulan. “Bedanya, kalau PPK Pemilu 2019 dia baru mulai bekerja Januari mendatang. Per tanggal 2 lah, hingga Mei. Kan kalau proses pelaksanaanya 17 April namun untuk rekapitulasi suara manual kan ada waktu khusus. Kalau untuk pendanaan gajinya juga ini dari APBN,” jelas Ila. (rma/sur)

Komentar

Rekomendasi