oleh

Siap-siap, Polisi Bidik Tersangka Kasus Pemotongan BOK Diskes Pesbar

radarlampung.co.id – Polres Lampung Barat memastikan penanganan kasus dugaan korupsi bantuan operasional kesehatan (BOK) puskesmas di Dinas Kesehatan (Diskes) Pesisir Barat berlanjut.  Saat ini, perkara tersebut naik ke tahap penyidikan.

Penyidik juga tengah menunggu hasil perhitungan kerugian Negara dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Lampung.

Kasatreskrim AKP Faria Arista mengatakan, pihaknya menargetkan awal 2019 ini hasil audit BPKP sudah diterima. Setelah itu, akan ada penetapan tersangka. ”Kalau hasil audit sudah diterima, maka akan kita lakukan gelar perkara. Kemudian ditetapkan tersangka,” kata Faria mewakili Kapolres Lambar AKBP Doni Wahyudi, Selasa (1/1).

Dalam kasus ini, penyidik menyita barang bukti uang sebesar Rp387 juta. Oknum di Diskes Pesisir Barat diduga memotong dana bantuan operasional puskesmas tahun anggaran 2017 sebesar 30 persen dari total yang diterima setiap UPT.

Informasi yang dihimpun Radarlampung.co.id, dugaan pemotongan bantuan operasinal terjadi sekitar November 2017. Pemotongan dilakukan dengan dalih untuk dana saving. ”Sekitar 30 persen yang dipotong itu dengan alasan untuk dana saving. Seperti saat ada pemeriksaan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK),” sebut salah seorang staf puskesmas. (nop/ais)

Komentar

Rekomendasi