oleh

Pelaksanaan Perdana E-budgeting Temui Beberapa Kendala

RADARLAMPUNG.CO.ID – Hari ini (2/1) merupakan hari pertama pelaksanaan implementasi e-budgeting di tahun anggaran 2019. Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Lampung menyatakan, pelaksanaan secara umum lancar. Kendati demikian, ada beberapa persoalan yang mesti ditingkatkan.

Kepala Bakuda Lampung Minhairin melalui Kabid Anggaran Marindo Kurniawan menjelaskan, yang pertama diimplementasikan dalam e-budgeting adalah proses penatausahaan gaji dengan menggunakan aplikasi.

“Berikut dilakukan pemindahbukuan dari rekening kas umum daerah ke rekening giro OPD secara online yang dilakukan Bendahara Umum Daerah (BUD). Ini menjadi sejarah, karena perdana Pemprov Lampung melakukan pencairan secara online,” jelasnya kepada radarlampung.co.id, Rabu (2/1).

Catatan yang diberikan pertama adalah tingkat pemahaman operator OPD terhadap penggunaan aplikasi e-budgeting masih belum maksimal. Sebab masih terdapat beberapa koreksi. “Tapi ini masih dimaklumi. Sebab ini perdana di pemprov, ” kata dia.

Selain itu, persoalan infrastruktur terutama jaringan internet dan kebutuhan komputer serta scanner untuk upload dan akses dokumen ke aplikasi juga masih menjadi kendala. “Jaringan di OPD juga belum stabil. Imbauannya, ya bisa ditingkatkan baik jaringan maupun kelengkapan lain. Agar terkoneksi dengan maksimal,” imbuhnya. (abd/sur)

Komentar

Rekomendasi