oleh

Berdayakan Grup WhatsApp untuk Pantau Keaktifan Staff

RADARLAMPUNG.CO.ID – Selain Bupati Winarti, ternyata aplikasi messenger WhatsApp (WA) juga sudah diandalkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Tulangbawang untuk absensi digital.

“Grup WA kantor selalu kami gunakan untuk melihat keaktifan kegiatan dan aktivitas setiap hari. Termasuk penyampaian informasi dari pimpinan ke staf,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung/kelurahan (DPMPK) Tulangbawang, Yen Dahren kepada radarlampung.co.id, Kamis (3/1).

Yen Dahren mengungkapkan, meskipun tidak secara khusus menerapkan absensi via WA, namun pihaknya mewajibkan setiap kepala bidang (Kabid) beserta staf untuk melaporkan hasil kegiatan ke grup WA kantornya.

“Ada juga fungsi untuk kontrol kerja, misal saat kehadiran waktu apel dan kegiatan gotong royong, wajib mengirimkan foto agar tidak hanya absen lalu pulang,” terangnya.

Mantan Kadis Kominfo Tulangbawang itu menegaskan, apabila ada ASN/PNS yang ketahuan tak ada di tempat, ia pun akan bertindak tegas dengan melaporkannya kepada otoritas pengawas. Baik atasan maupun bawahan, bakal disanksi akibat tindakan indisipliner.

“Tak ada yang lebih buruk dari korupsi ketika ASN menyelinap dari tugasnya, sementara di sisi lain mereka diharapkan memberikan layanan yang tepat waktu dan berkualitas,” tegas Yen Dahren. (nal/sur) 

Komentar

Rekomendasi