oleh

Eceng Gondok Penuhi Danau Tirtagangga, Loekman Geleng Kepala

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kondisi Danau Tirtagangga di SB 13, Kampung Swastikabuana, Kecamatan Seputihbanyak, Lampung Tengah, tampak tidak terawat. Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto pun geleng-geleng melihat danau sudah hampir tertutup eceng gondok, Kamis (3/1) sore.

“Lokasi ini bagus sebagai tempat tujuan pariwisata. Sayang sekali semua air danau dipenuhi eceng gondok. Nggak kelihatan lagi danau atau bukan,” sesalnya.

Loekman menyatakan, Danau Tirtagangga ini akan dikelola menjadi tempat pariwisata. “Persoalannya terkendala izin Balai Besar Pengairan. Kita akan tembuskan secara resmi. Kita juga minta bantu peralatan untuk membersihkan. Win-win solution yang saling menguntungkan. Dinas Balai Besar Pengairan tak perlu merawat lagi, kita diuntungkan jadi tempat wisata,” ujarnya.

Persoalan izin ini, Loekman menyatakan belum tahu pasti kendala yang menghalangi. “Kemungkinan, kita akan langsung ajukan izin ke Kementerian PUPR. Tapi, kita juga perlu tahu luasnya dan untuk mengairi luas sawah berapa. Sayang ini kalau dibiarkan. Kalau dikelola dengan baik tentunya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” ungkapnya. (sya/sur)

Komentar

Rekomendasi