oleh

Ratusan Ternak di Lambar Masuk AUTS/K

radarlampung.co.id – Sepanjang 2018, sebanyak 118 ekor sapi di Lampung Barat didaftarkan oleh pemiliknya untuk diasuransikan melalui program asuransi usaha ternak sapi/kerbau (AUTS/K).

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Lambar Tri Umaryani mengungkapkan, awalnya ada 191 ekor yang didaftarkan. Namun 73 ekor di antaranya  polisnya tidak tercover oleh pihak asuransi. Dalam hal ini PT Jasindo sehingga yang tercover hanya 118 ekor.

“Tidak tercovernya 73 ekor ternak tersebut dikarenakan jumlah peserta di Lampung over target sehingga anggaran subsidinya habis,” kata Tri, Kamis (3/1).

Baca :   Puncak Insurance Day AAUI Lampung Berlangsung Meriah

Dilanjutkan, kelompok yang polisnya tidak tercover pada 2018 akan diakomodir tahun ini. “Dari ratusan ternak sapi yang diasuransikan tersebut, tidak ada yang diajukan untuk diklaim mendapatkan asuransi,” sebut dia.

Selama ini, Disbunnak Lambar telah berupaya agar seluruh peternak mendaftar menjadi peserta program AUTS/K. Salah satunya melalui sosialisasi kepada masyarakat, termasuk peserta yang lama agar mereka mendaftar kembali.

Baca :   Puncak Insurance Day AAUI Lampung Berlangsung Meriah

“Kita berharap kepada peternak di Lambar agar iku serta dalam program AUTS/K. Peternak akan diuntungkan dengan mengikuti program tersebut.  Jika ternaknya mati karena sakit, beranak, kecelakaan, maka akan mendapatkan asuransi Rp10 juta per ekor. Sementara kelompok tani hanya membayar asuransi sebesar Rp40.000 per tahun per rekor,” tegasnya. (lus/ais)

 



Komentar

Rekomendasi