oleh

Sumbangan Dana Kampanye 14 Parpol Rp0

radarlampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Barat memverifikasi laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) 14 partai politik (parpol). Dari hasil LPSDK 1, tidak ada sumbangan dana kampanye dari pihak lain untuk parpol.

Komisioner KPU Lambar Ronasnyah mengatakan, untuk transaksi pengeluaran dari caleg masuk dalam LPSDK 4. Pengeluaran pribadi paling besar yakni caleg atas nama  Nusirwan dari Partai Gerindra daerah pemilihan (Dapil) I sebesar Rp31.850.000. Terkecil atas nama Fitri dari Partai Perindo Dapil I yakni sebesar Rp200.000.

”LPSDK sudah disampaikan oleh seluruh parpol peserta pemilu 2019. Kami terima terakhri pada pukul 18.00 WIB Rabu (2/1). Hari ini kami lakukan verifikasi,” sebut Ronasnyah.

Dilanjutkan, LPSDK merupakan pembukuan, memuat seluruh penerimaan yang diterima partai politik dan pasangan calon yang dialokasikan untuk dana kampanye. Besaran dana yang bisa disumbangkan dari setiap pihak telah diatur dalam pasal 327 ayat 1 dan 2 UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu.

Dana sumbangan kampanye maksimal Rp2,5 miliar untuk perorangan, dan jika dari perusahaan maksimal Rp25 miliar. ”LPSDK dari parpol yang ada masih dilakukan verifikasi. Karena itu belum diketahui jumlah sumbangan yang diterima masing-masing parpol,” sebut dia. (nop/ais)

Komentar

Rekomendasi