oleh

Layani BPJS Kesehatan, Rumah Sakit Wajib Bersertifikat Akreditasi

radarlampung.co.id – Mulai Tahun 2019, seluruh Rumah Sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan harus sudah memiliki sertifikat akreditasi. Ini sebagai persyaratan wajib yang harus dipenuhi oleh setiap fasilitas pelayanan kesehatan yang ingin melayani Program JKN-KIS.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 99 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan No 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional.

“Akreditasi sesuai regulasi adalah syarat wajib. Diharapkan rumah sakit dapat memenuhi syarat tersebut,” jelas Kepala Humas BPJS Kesehatan Iqbal Anas Ma’ruf, Jumat(4/1).

Menurutnya, BPJS Kesehatan akan melakukan seleksi dan kredensialing melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota setempat dan/atau Asosiasi Fasilitas Kesehatan.

Kriteria teknis yang menjadi pertimbangan BPJS Kesehatan untuk menyeleksi fasilitas kesehatan yang ingin bergabung antaralain, sumber daya manusia (tenaga medis yang kompeten), kelengkapan sarana dan prasarana, lingkup pelayanan, dan komitmen pelayanan.

“Fasilitas kesehatan swasta yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan wajib memperbaharui kontraknya setiap tahun. Namun pada dasarnya kontrak sifatnya sukarela. Hakekat dari kontrak adalah semangat mutual benefit,” tandas Iqbal. (mel/kyd)

Komentar

Rekomendasi