oleh

Tahun Ini, Delapan PRI Diresmikan

radarlampung.co.id – Delapan puskesmas rawat inap (PRI) di Lampung Barat yang pembangunannya bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) afirmasi tahun anggaran 2018 akan diresmikan hingga pertengahan tahun.

Sekretaris Dinas Kesehatan Lambar Guy Zose Alfredo Da Silva Manuel Leite mengungkapkan, delapan puskesmas itu adalah PRI Gedungsurian, Sumberjaya, Suoh, Bandarnegeri Suoh, Belalau, Batubrak, Balikbukti dan Lumbok Seminung. Kontrak pembangunan berakhir per 25 Desember 2018.

”Saat ini sudah direncanakan untuk diresmikan oleh bupati, Bulan ini, dua puskesmas. Namun jadwalnya masih menyesaikan agenda,” kata Guy Zose.

Untuk mebeler dan alat kesehatan, pengadaan akan dilakukan tahun anggaran 2019. Secara umum, tidak ada kendala untuk pengadaan alkes dan mebeler. Masih bisa memanfaatkan peralatan dan sarana yang ada.

”Jadi, kita manfaatkan saja dulu alkes dan mebeler yang ada. Sambil menunggu pengadaan tambahan yang dianggarkan tahun ini. Semoga tidak ada kendala  untuk masalah itu. Kurangnya juga tidak terlalu banyak,” urainya.

Lebih lanjut Guy mengharapkan, peningkatan delapan puskesmas dapat memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Terlebih jarak tempuh dari sejumlah kecamatan menuju Rumah Sakit Umum Daerah cukup jauh.

”Karena itu, untuk pasien yang menderita penyakit tertentu, bisa mendapatkan pelayanan di puskemas rawata inap saja,” kata dia. (nop/ais)

Komentar

Rekomendasi