oleh

Dana Kelurahan Masuk Rekening Kecamatan

radarlampung.co.id – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengeluarkan Permendagri No. 130 tahun 2018 tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan.
Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Bahtiar Bahrudin mengatakan,  Permendagri ini dibuat sebagai pedoman Pengelolaan Kegiatan yang Bersumber dari Dana Kelurahan Tahun Anggaran 2019. “Untuk mengatur substansi pokok pembangunannya,” katanya, Minggu (6/1).
Bahtiar melanjutkan, dalam mekanisme penganggarannya dialokasikan Penda dalam APBD kabupaten/kota. “Alokasi anggaran dimasukan ke dalam anggaran kecamatan pada bagian anggaran kelurahan untuk dimanfaatkan sesuai dengan ketentuan perundang – undangan, yang dialokasikan untuk daerah kota yang tidak memiliki desa dan kabupaten yang memiliki kelurahan dan kota yang memiliki desa”, ujar Bahtiar.
Sementara,  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Lampung,  Yuda Setiawan mengaku belum begitu paham mengenai permendagri ini. Dia mengaku memang sudah membaca regulasi tersebut.
Namun secara teknis, sambungnya, masih belum diberitahukan oleh Kemendagri. “Biasanya ada sosialisasi dari kemendagri. Apakah daerah se Indonesia dipanggil atau dikumpulkan. Atau ada sosialisasi di daerah. Karena termasuk besaran alokasi dana kelurahan itu. Nanti saya cari informasi jelasnya dulu ya, ” ujarnya. (abd/kyd)

Komentar

Rekomendasi