oleh

Bersiap Eliminasi Anjing Liar di Kotaagung

radarlampung.co.id – Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pangan dan Pertanian Tanggamus akan mengeliminasi anjing liar yang kerap muncul di sekitar Pasar Kotaagung. Sebelumnya, rencana tersebut dikoordinasikan dengan pihak kecamatan.

Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) drh. Ari Priyanto mengatakan, langkah eliminasi tersebut akan dilakukan bersama pihak kecamatan. ”Dalam waktu dekat akan kita koordinasikan,” kata Ari, Senin (7/1).

Kemunculan anjing liar di Kecamatan Kotaagung meresahkan warga. Salah satu hewan penyebar rabies ini kerap terlihat malam hari sekitar pukul 23.30 WIB hingga dini hari.

Menurut Kasman, salah seorang warga Kotaagung, anjing liar itu kerap terlihat di seputaran pasar ikan, sekitar tempat pembuangan sampah pasar baru, dan terminal.

”Anjing-anjing itu mencari makanan di sekitar pasar. Kami khawatir. Sebab takut anjing-aning ini terjangkit rabies. Seperti beberapa tahun lalu. Puluhan warga Kotaagung terkena gigitan anjing liar,” kata Kasman.

Camat Kotaagung Syarif Zulkarnain mengatakan, pihaknya akan memeriksa apakah itu anjing liar atau peliharaan warga. ”Kami akan memeriksa. Jika anjing peliharaan, kita imbau agar pemilik mengikat hewan tersebut. Jangan sampai diliarkan. Kalau memang anjir liar, maka kita akan mengambil langkah penanganan,” kata Syarif. (ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi