Lampung Raya Promosi Produk IKM Melalui Aplikasi Smartphone

Promosi Produk IKM Melalui Aplikasi Smartphone

Kerjasama Pemkab Pesawaran dan IIB Darmajaya untuk memasarkan hasil kerajinan industri kecil menengah (IKM). Promosi tersebut dilakukan melalui pembuatan aplikasi yang memuat hasil kerajinan, Senin (7/1). FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID
Kerjasama Pemkab Pesawaran dan IIB Darmajaya untuk memasarkan hasil kerajinan industri kecil menengah (IKM). Promosi tersebut dilakukan melalui pembuatan aplikasi yang memuat hasil kerajinan, Senin (7/1). FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesawaran menggandeng IIB Darmajaya untuk memasarkan hasil kerajinan industri kecil menengah (IKM). Promosi tersebut dilakukan melalui pembuatan aplikasi yang memuat hasil kerajinan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pesawaran Sam Herman mengatakan, pihaknya membuat perjanjian dengan IIB Darmajaya untuk mempromosikan berbagai produk unggulan melalui aplikasi smartphone. Ini merupakan tindak lanjut MoU antara Bupati Pesawaran dengan IIB Darmajaya tentang pengembangan IT.

”Ada tugas-tugas yang cukup kompleks berkaitan dengan IKM. Di antaranya pembinaan, pelatihan dan promosi yang juga di bawah binaan Dekranasda,” kata Sam Herman saat memberikan sambutan dalam kegiatan yang berlangsung, Senin (7/1).

Diharapkan Februari mendatang aplikasi berbasis android sudah bisa digunakan. ”Dengan begitu, masyarakat sudah dapat mengakses berbagai produk unggulan. Baik kerajinan tapis, kopiah, harga bahan pokok dan produk lainnya,” sebut dia.

Sementara perwakilan tim ICT IIB Darmajaya Joko mengatakan, aplikasi android yang ada di play store banyak tersedia dan mudah diinstal. Bahkan bisa menjadi media market untuk mempromosikan serta menjual berbagai barang dan jasa.

”Media market inilah yang nantinya akan kita implementasikan di Dinas Perindustrian dan Perdangangan Pesawaran untuk menjadi sarana promosi produk-produk IKM dan lainnya,” kata Joko.

Beberapa keuntungan menggunakan media market berbasis android di antaranya pengembangan aplikasinya sangat cepat, tersedia aplikasi gratis untuk pengguna, mudah diupdate, mempunyai hak akses, terintegrasi dengan micro SD sehingga kapasitas penyimpanan lebih besar.

”Namun ada kelemahan. Di antaranya banyak menghabiskan bandwidth dan boros baterai karena penggunaan streaming dan kelemahan lain,” urainya. (ozi/ais)

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini