oleh

Sistem Silang Solusi Efektif Pelaksanaan UNBK

radarlampung.co.id – Sistem Silang menjadi salah satu solusi keberhasilan provinsi Lampung menggelar pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer, baik di tingkat SMP/SMA/sederajat.
Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung, Diona Katharina mengatakan bahwa sistem silang tersebut sangat efektif dan terbilang sukses bila berkaca dari pelaksanaan tahun yang lalu.
Menurutnya, sistem silang dilakukan guna menyiasati kekurangan sarana-prasarana  (sarpras) untuk pelaksanaan UNBK. “Seperti tahun lalu, kita tetap memberlakukan sistem silang, kan SMK yang lebih dahulu UNBK, kemudian baru SMA dan SMP, sehingga sarpras bisa saling pinjam,” kata Diona, Senin (7/1).
Ia menilai, langkah ini memang harus dilakukan mengingat jumlah sekolah yang begitu banyak. Karena itu, untuk memenuhi sarpras 100 persen UNBK pada tahun ini masih belum bisa dilaksanakan. Namun demikian, pihaknya berjanji, akan terus berupaya melakukan penambahan sarpras dari tahun ke tahun.
“Kami optimis, pelaksanaan UNBK 2019 berhasil 100 persen tanpa memakai pilihan ujian nasional berbasis kertas pensil (UNKP), meskipun pilihan tersebut masih berlaku dalam pelaksanaan UN,” teandasnya.
Sedangkan teknis pelaksanaan sistem silang tersebut, sambung Diona, pihaknya memberikan kebebasan bagi sekolah. Di mana, Sekolah bisa meminjam sarpras dari sekolah-sekolah lain, atau sekolah yang belum menyediakan sarpras UNBK dapat melaksanakannya di sekolah yang memiliki sarpras. (apr/kyd)

Komentar

Rekomendasi