oleh

Setubuhi Siswi SMP, Eks Sopir Angkot Divonis 8 Tahun 3 Bulan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Agustia (20), terdakwa kasus pencabulan divonis 8 tahun 3 bulan penjara oleh Majelis Hakim yang diketuai Jhoni Butar Butar, setelah terbukti mencabuli HS (15), anak di bawah umur.

“Menjatuhkan hukuman pidana 8 tahun 3 bulan penjara dan denda Rp60 juta subsider kepada terdakwa Agustia,” ujar Majelis Hakim Jhoni Butar Butar saat membacakan putusannya di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang, Rabu (9/1).

Menurut Majelis Hakim, hal yang memberatkan terdakwa selama fakta persidangan adalah karena terbukti mencabuli anak di bawah umur. Dan merusak masa depannya. “Hal ini tentunya membuat trauma berkepanjangan kepada korban. Sedangkan hal yang meringankan yaitu selama persidangan terdakwa berlaku sopan,” jelasnya.

Untuk diketahui, Jaksa Penuntut Umum Tika Mustika menjelaskan bahwa terdakwa Agustia (20) terbukti bersalah melanggar pasal 82 ayat (1) jo pasal 76 huruf E Undang-undang RI nomor 17 tahun 2016 tentang pengganti PP pengganti UU nomor 1 tahun 2016 tentang perubahan pengganti Undang-undang nomor 23 tentang tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Di sidang sebelumnya, JPU mmenjelaska, Agustia yang berprofesi sebagai sopir angkot ini melakukan aksi bejatnya pada siswi SMP yang dikenalnya melalui jejaring media sosial Facebook. Hingga kedekatan itu berlanjut pada kesepakatan untuk bertemu pada suatu sore.

“Selanjutnya sopir angkot ini melancarkan aksinya terhadap korban di rumah terdakwa sendiri, yang dilakukan dari sore hingga pagi hari dengan iming-iming akan dinikahi apabila korban hamil,” bebernya.

Korban pun menceritakan perbuatannya ini pada orang tuanya setelah sampai di rumah, setelah semalaman tidak dipulangkan oleh terdakwa. “Dari laporan itu akhirnya keluarga melaporkan perbuatan terdakwa ke pihak kepolisian,” tandasnya. (ang/sur)



Komentar

Rekomendasi