oleh

Soal Shelter, Pemkab Tanggamus Bakal Tagih Janji Pusat

radarlampung.co.id – Lima tahun berlalu, rencana pembangunan shelter di Kotaagung, Tanggamus belum juga teralisasi. Sementara, kabupaten itu merupakan salah satu daerah di Lampung yang rawan terjadi bencana alam, khususnya tsunami.

Pemerintah pusat sudah merencanakan pembangunan pada 2014 silam. Nantinya shelter menjadi tempat  evakuasi sementara (TES) dari bencana gelombang tinggi. Dua tahun kemudian, pemerintah pusat membuat Detail Engineering Design (DED) shelter.

Sayang, proyek tersebut belum ditindaklanjuti. Informasi yang dihimpun, pembangunan shelter lebih diprioritaskan ke daerah Mentawai dan Aceh. Daerah tersebut pernah dilanda tsunami dengan banyak korban jiwa.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Tanggamus Parsiam membenarkan ada progam pembangunan shelter. Lokasinya di kawasan terminal Kecamatan Kotaagung.

”Kita memang pernah mendengar informasi pembangun shelter tersebut. Tapi tidak ada kelanjutannya lagi. Itu program dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB),” kata Parsiam, Rabu (9/1).

Parsiam menuturkan, jika ada aktivitas dari Gunung Anak Kratau (GAK) yang berpotensi tsunami, maka tinggi gelombang yang akan menghantam Tanggamus sekitar 13 meter. Selain dari aktivitas GAK, gelombang tsunami juga disebabkan gempa tektonik dengan kekuatan di atas 7 Skala Richter (SR)

“Itu berdasar kajian dari BNPB dan BMKG  pada tahun 2016 silam. Hal tersebutlah yang mendasari program pembangunan shelter,” urainya.

Menanggapi wacana pembangunan shelter yangbelum teralisasi, Wakil Bupati Tanggamus AM Syafi’i mengatakan, pemkab akan menagih janji ke pusat. “Ya, kalau memang ada wacana pusat seperti itu, tentu akan kita tanyakan lagi. Diharapkan direalisasikan. Sebab Tanggamus rawan bencana. Belum lagi bencana itu tidak milih-milih tempat,” tegas Syafi’i.

Syafi’i memaklumi jika pembangunan shelter dialihkan ke lokasi lain. Namun begitu, pemkab akan tetap menanakan kepastian untuk pembangunan di Tanggamus. (ral/ehl/ais)

 

Komentar

Rekomendasi