Internasional Jumlah Orang Kaya di Dunia Terus Bertambah

Jumlah Orang Kaya di Dunia Terus Bertambah

radarlampung.co.id-Jumlah orang kaya di seluruh dunia terus bertambah. Hal tersebut terungkap dalam laporan Oxfam International bertajuk Public Good or Private Wealth? dan dilansir di laman JPNN.

Oxfam Internasional menyatakan per hari kekayaan para miliarder di dunia naik 12 persen. Jumlah tersebut setara USD 2,5 miliar atau sekitar Rp35,57 triliun.

Saat ini menurut Oxfam Internasional, ada 2.208 miliarder di dunia. Jumlah kekayaan para orang tajir tersebut terus meningkat. Setidaknya, kekayaan 26 orang terkaya di dunia tahun lalu setara dengan total harta 2,8 miliar orang termiskin di dunia.

Baca :   Infografis : Indonesia Ancam Biokot Produk Uni Eropa

“Perekonomian kita saat ini tidak manusiawi,” ujar Paul O’Brien, wakil presiden kebijakan dan kampanye Oxfam di Amerika Serikat (AS), seperti dikutip The Huffington Post dan JPNN.

Saat jumlah miliarder bertambah, harta separo penduduk termiskin di dunia justru menurun 11 persen atau kira-kira USD 500 juta (sekitar Rp 7,1 triliun).

Gara-garanya, individu kaya raya dan korporasi mereka hanya membayar pajak yang sedikit. Itu tidak sebanding dengan kekayaan yang mereka miliki.

Baca :   Infografis : Indonesia Ancam Biokot Produk Uni Eropa

Sebab, pemerintah telah memotong pajak mereka. Di pihak lain, pajak untuk orang miskin justru bertambah. Misalnya, lewat pajak pertambahan nilai yang tidak terlihat secara langsung.

Pajak tak langsung seperti pada garam, gula, atau sabun dan kebutuhan dasar lain menjadikan orang miskin membayar pajak lebih banyak daripada orang kaya,” terang Direktur Eksekutif Oxfam Internasional Winnie Byanyima. Karena itu, Oxfam menyarankan agar ada tambahan pajak untuk orang kaya. (net/wdi)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini