oleh

Penyidik Tidak Akan Rilis Isi Rekaman Suara Kotak Hitam Lion Air

radarlampung.co.id-Para penyelidik kecelakaan Lion Air menyatakan tidak akan merilis isi rekaman suara kotak hitam Lion Air yang jatuh di perairan Karawang Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Penyelidik mengatakan, perlu memfilter rekaman untuk suara latar belakang dan isinya tidak akan dipublikasikan sampai laporan akhir mengenai kecelakaan diterbitkan.

Boeing 737 MAX jatuh ke laut pada 29 Oktober, menewaskan 189 orang dalam kecelakaan pesawat paling mematikan pada 2018. Kontak dengan penerbangan JT610 hilang 13 menit setelah lepas landas dari Jakarta, menuju utara ke kota penambangan timah Pangkal Pinang.

“Membersihkan rekaman, mungkin memakan waktu satu atau dua minggu karena bising di dalam kokpit. Transkripsi tidak akan dipublikasikan sebelum laporan akhir komite keselamatan dirilis antara Agustus hingga September,” kata pejabat transportasi Soerjanto Tjahjono, rabu (23/1)

Menurut Guardian, sekelompok kerabat korban mendesak komite keselamatan transportasi untuk mengungkapkan semua yang dicatat dan untuk bekerja secara mandiri.

Di bawah aturan internasional, laporan kerusakan akhir akan jatuh tempo dalam 12 bulan jika memungkinkan. Perekam itu ditemukan terkubur dalam di lumpur lunak di dasar laut dalam kedalaman 98 kaki pekan lalu.

Sinyal lemah dari perekam yang dirancang untuk mengirim ping akustik selama 90 hari, setelah jatuhnya air terdeteksi beberapa hari sebelumnya. Adapun, perekam data penerbangan kotak hitam kedua, yang meskipun namanya oranye terang ditemukan pada November. (fin/wdi)



Komentar

Rekomendasi