oleh

UPBJJ UT Bandarlampung Dorong Pelestarian Budaya Daerah

RADARLAMPUNG.CO.ID – Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Bandarlampung terus mendorong kelestarian seni dan kebudayaan daerah Lampung melalui orasi seminar ilmiah.

Orasi yang berlangsung di Balai Krakatau, Kemiling, Rabu (23/1), yang merupakan rangkaian agenda dari Upacara Penyerahan Ijazah Tahap 1 Tahun 2019 lulusan Program Diploma, Sarjana dan Megister Universitas Terbuka UPBJJ-UT Bandarlampung

Kepala Program Studi Megister Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah Fakultas Kepeguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila), Dr. Farida Ariyani mengatakan, spirit kebudayaan Lampung harus terus dioptimalkan untuk mempertahankan eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Di mana, Keanekaragaman kebudayaan dan seni di Lampung sangat banyak, maka dari warisan tersebut harus terus dilestarikan. Salah satunya, Lampung yang memiliki garis keturunan patrilineal. “Piil Pesenggiri menjadi filsafat hidup orang Lampung sebagai dasar ideologi dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” katanya.

Bahkan, Piil Pesenggiri dalam konsepsi kebudayaan leluhur orang Lampung yang menjadi role model dalam menjalani hidup dan kehidupan. Selain itu juga bisa dijadikan Way of Life.  “Masyarakat kita terus menjadi modern. Tetapi tetap berpijak pada kebudayaan daerah sebagai jati diri bangsanya,” tandasnya. (gie/kyd)



Komentar

Rekomendasi