oleh

Bisa Dicontoh, Taman Baca di Ruang Terbuka

radarlampung.co.id – SMPN 1 Sekuting Terpadu di Pekon Watas, Kecamatan Balikbukit, Lampung Barat memanfaatkan ruang terbuka di halaman sekolah sebagai taman baca. Langkah ini dilakukan untuk mendukung gerakan literasi daerah (GLD) yang diterapkan dalam kepemimpinan Bupati Parosil Mabsus.

Kepala SMPN Sekuting Terpadu Nuryadin mengatakan, keterbatasan ruangan membuat pihaknya menjadikan halaman sekolah, terutama di bawah pohon sebagai taman baca. ”Saat ini sudah ada enam titik taman baca terbuka yang dibuat swadaya oleh sekolah. Dikerjakan langsung oleh guru dan siswa,” kata kata Nuryadin, Kamis (24/1).

Selain di bawah pohon agar taman baca menjadi sejuk, siswa-siswi juga membuat payung dengan bahan parabola bekas yang diberi atas ijuk. ”Kita memanfaatkan material bekas untuk melengkapi taman baca. Alhamdulillah, saat ini pada waktu istirahat, anak-anak memanfaatkannya sebagai tempat membaca dan diskusi,” urainya.

Sebelumnya, SDN 3 Waymengaku, Kecamatan Balikbukit membuat pojok baca. Langkah ini mendapat apresiasi dari Bupati Parosil Mabsus. Ia menginginkan sekolah itu terus berbenah dan berkembang hingga menjadi pilot project program literasi dan kebersihan bagi sekolah-sekolah di Lambar.

“Harapan saya, sekolah ini menjadi pilot project dalam program literasi dan kebersihan,” kata Parosil saat menghadiri senam bersama Tim Gerakan Literasi Daerah (GLD) dan pelajar dari SD se-Balikbukit,” kata Parosil. (nop/ais)

 

 

 

 



Komentar

Rekomendasi