oleh

Kouta PMB Unila 2019 Bertambah 128

radarlampung.co.id – Universitas Lampung (Unila) secara resmi telah menetapkan total kuota Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2019 sebanyak 5705, atau bertambah sebanyak 128. Sebab, pada 2018 daya tampung sebanyak 5577.

Hal tersebut disampaikan Hubungan Masyarakat PMB Unila, M Komarudin kepada radarlampung.co.id, Rabu (23/1). Sedangkan untuk daya tampung penerimaan dari jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) diketahui mengalami penurunan karena 2019 hanya sebanyak 1.419 atau turun dibandingkan 2018 sebesar 1.521.

Penurunan kuota tersebut dikarenakan, pihaknya memakai skema minimal 20 persen yang telah ditetapkan panitia pusat, yang sebelumnya sebesar 30 persen. “Lalu, untuk jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), 40 persen atau 2.660 orang. Untuk jalur mandiri, 30 persen atau 1.065 orang,” papar Komarudin.

Adapun sisa kuota 10 persen, menurut Komarudin, masih akan melihat keadaan. “Iya belum fiks digeser ke mana. Bisa 50% ke SBMPTN. Tapi dilihat dari hasil registrasi dari peserta yang lulus SNMPTN nanti, ya,” imbuhnya.

Merujuk data kuota dari fakultas-fakultas, Komarudin mengungkapkan, kuota PMB 2019 terbanyak ada di Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum. Berikutnya, di Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian, dan Pendidikan Kedokteran.

Komarudin pun mengingatkan pihak sekolah agar segera mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk PMB jalur prestasi SNMPTN. Batas waktunya hingga 25 Januari.

“Setelah tahap PDSS selesai, berlanjut untuk persyaratan mendaftar jalur SNMPTN pada 14 Februari. Kemudian, pengumuman pada 23 Maret,” kata Komarudin. “Pihak sekolah silakan mengunjungi portal pdss.snmptn.ac.id,” imbuhnya.

Adapun tahap awal PMB jalur SNMPTN, hasru mengisi PDSS pada 4- 25 Januari. Pengisian PDSS, terang dia, mengacu perolehan nilai rapor siswa-siswi dari semester I hingga V.

Setelah pengisian dan verifikasi PDSS rampung, tahap berikutnya adalah pendaftaran yang terjadwal pada 4-14 Februari. Setelah itu, pengumuman hasil SNMPTN 2019 pada 23 Maret.

SNMPTN adalah seleksi masuk PTN bagi lulusan SMA sederajat yang berdasarkan prestasi serta portofolio akademik pada nilai rapor siswa-siswi. Selain prestasi dan portofolio akademik, juga memperhatikan kompetensi sekolah, seperti akreditasinya. (apr/kyd)

Komentar

Rekomendasi