oleh

Sementara, Puskeswan Kotaagung Layani Vaksinasi Rabies

radarlampung.co.id – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tanggamus mengoperasikan pusat kesehatan hewan (Puskeswan) di Waysom, Pekon Kotaagung, mulai tahun ini. Sementara, pelayanan yang diberikan vaksinasi rabies.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Ari Priyanto mengatakan, meski sudah dioperasikan, namun belum ada dokter hewan.

”Kami masih kekurangan dokter hewan. Nanti saya yang bantu. Kalau tenaga paramedisnya ada dan sudah membuka pelayanan,” kata Ari mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Soni Isnaini, Kamis (24/1).

Ari menuturkan, selain vaksinasi rabies, untuk layanan lain, masyarakat pemilik ternak diharapkan terlebih dahulu menghubungi petugas. ”Nanti kami datangi,” sebut dia.

Dengan dibukanya Puskeswan Kotaagung, saat ini ada lima puskeswan. Yakni Puskeswan Semaka, Pulau Panggung, Bulok, dan Pugung. Untuk Puskeswan Kotaagung bisa melayani kesehatan hewan dari Kecamatan Kotaagung, Kotaagung Timur dan Kotaagung Barat.

Puskeswan di Kotaagung sendiri dibangun dari dana alokasi khusus (DAK) 2018 sebesar Rp300 juta. Meski sudah memberikan pelayanan umum, namun puskeswan ini belum dikatagorikan unit pelaksana teknis (UPT). Sebab tenaga di tempat tersebut masih terbatas. (ral/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi