Inspirasi Kuncinya Berhenti Merokok

Kuncinya Berhenti Merokok

radarlampung.co.id-Masuk usia 58 tahun, Budiharto HN, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung tetap bisa menjalani beberapa kegiatan sekaligus. Baik mengenai pekerjaan, maupun hobinya.

Diakuinya, ada beberapa olahraga yang dia geluti sampai saat ini, yakni joging dan bersepeda. Menurutnya, kedua olahraga tersebut  pantas dan cocok dengan usianya saat ini. “Menyesuaikan kondisi usia yang menjelang kepala enam,”selorohnya.

Kedua olahraga tersebut dilakukannya kurun waktu lima hari sekali. Biasanya pada waktu pagi hari, sebelum dia melaksanakan aktivitas kedinasan. “Paling hanya itu yang bisa. Sebab menyesuaikan kondisi saya. Setiap subuh kalau tidak joging ya saya bersepeda. Kadang juga tenis,” ungkapnya.

Namun, terpenting baginya adalah bagaimana menghindari rokok. Mantan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan ini mengatakan, semasa SMA dirinya termasuk perokok. Namun demikian, satu tahun dia menjadi PNS sekira tahun 1985, dia meninggalkan kebiasaan buruk tersebut.

Baca :   Pokdarwis Tanggamus Dibekali Tata Kelola Wisata Dinas

Ada beberapa faktor yang menyebabkan dia mengehentikan kebiasaan merokok. Alasan paling mendasar saat itu adalah gaji yang kecil untuk seorang staf PNS.

“Karena gaji saya waktu itu hanya Rp56 ribu saja. Saya berfikir mengapa harus saya buang. Sementara ada kebutuhan lain. Misalnya, lebih baik untuk dibelikan roti atau kebutuhan pokok,” jelasnya.

Dengan kebiasaan tidak merokok tersebut, bahkan saat ini dia masih bisa menjalani touring di beberapa kabupaten dengan sepeda motornya.

“Saya hobi berkendara motor. Ya untuk jaringan saja. Efek positif dari berhenti merokok. Ya alhamdulillah sampai saat ini saya masih diberi fisik yang kuat,” jelasnya. (abd/sur)

Baca :   Pokdarwis Tanggamus Dibekali Tata Kelola Wisata Dinas

 

Bio Singkat

Nama : Budiharto H.N.

Agama : Islam

Hobi : Sepeda, Joging, Touring

Tempat Tanggal Lahir: Tanjungkarang, 20 Februari 1959

 

Riwayat Jabatan :

– Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung

– Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan

– Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Provinsi Lampung

– Kepala Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah Lampung

– Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Lampung

– Kepala Biro Administrasi dan Pembangunan Provinsi Lampung

– Kepala Sekretariat Badan Penanggulangann Bencana Daerah Lampung

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini