oleh

Lamteng Wacanakan Kampung Dongeng

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sejumlah perwakilan guru PAUD Lampung Tengah (Lamteng) menghadiri pelatihan mendongeng di Kampung Dongeng Indonesia, Situgintung, Tangerang Selatan, 25-27 Januari 2018. Mendongeng ini dinilai banyak manfaatnya untuk mendidik anak-anak usia dini.

Bunda PAUD Lamteng Ellya Lusiana menyatakan, dalam dunia pendidikan di Indonesia dongeng termasuk komunikasi persuasif yang disukai anak-anak.

“Dongeng disukai anak-anak. Komunikasi persuasif. Sebab, dongeng memuat dunia cerita yang menakjubkan dan anak-anak bebas berimajinasi. Dongeng memuat materi dan pesan moral penuh hikmah. Baik pendidikan, sosial, budaya, agama, dan karakter,” katanya saat menghadiri acara pelatihan mendongeng di Kampung Dongeng Indonesia.

Mendongeng, kata Ellya, mudah dan banyak manfaatnya. “Mendongeng itu mudah dan banyak manfaatnya. Tapi, ada syaratnya. Yakni kenali dahulu apa itu mendongen dan beberapa kiatnya. Paling utama terus berlatih. Mudah-mudahan dari pelatihan ini bisa diterapkan di Lamteng dalam mendidik anak. Khususnya anak usia dini,” ujarnya.

Ellya berharap kepada para pelajar, mahasiswa, karyawan, guru, maupun dosen agar mendukung hadirnya kampung dongeng di tengah masyarakat.

“Kita berencana akan buat kampung dongeng juga di Lamteng. Jadi ini harus didukung semuanya. Baik pelajar, mahasiswa, karyawan, guru, maupun dosen. Dapat dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat dan siap menjadi relawan dongeng yang siap mendongeng untuk anak-anak Indonesia,” ungkapnya.

Salah satu peserta yang ikut dalam pelatihan, Partila Umar, merasa senang bisa mengikuti pelatihan mendongeng. “Mendongeng untuk anak usia dini amatlah penting. Banyak manfaat yang didapat. Yakni memperkaya kosakata anak, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, menstimulasi daya imajinasi anak, serta menambah kedekatan emosional antara anak dan orang tuanya,” tukasnya. (rls/sya/sur)

Komentar

Rekomendasi