oleh

Lapor, Puluhan Warga Gadingrejo Kena DBD, Dua Tewas

radarlampung.co.id – Puluhan warga Gadingrejo, Pringsewu terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD). Dua di antaranya meninggal dunia. Yakni Khori Aulia (22), warga RT.01/RW.07 dan Naviatul Munakil (7), warga RT.01/RW.07.

Penderita penyakit yang masuk ke peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk aedes aegypti itu menjalani perawatan di Puskesmas Gadingrejo dan Klinik Kosasih Gadingrejo. Bahkan seluruh ruangan klinik penuh.

Sulastri, salah seorang keluarga pasien asal Dusun Krandegan, Pekon Gadingrejo Timur yang menjalani perawatan di Klinik Kosasih mengatakan, banyak warga didaerahnya yang terserang DBD. ”Ada puluhan mas yang kena DBD,” kata Sulastri.

Hal sama disampaikan Tomi, warga lainnya. Menurut dia, ada sekitar 50 orang yang terserang. ”Banyak warga Krandegan yang kabarnya kena DBD. Mereka dirawat di sejumlah rumah sakit di Pringsewu,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Pringsewu Purhadi membenarkan ada dua warga yang meninggal karena serangan DBD. ”Pasien harus melaporkan ke puskesmas atau Dinas Kesehatan jika hasil laboratorium dinyatakan positif DBD. Fogging baru dilakukan jika sudah ada laporan,” kata Purhandi. (mul sag/ais)

 

 

Komentar

Rekomendasi