oleh

Siapkan Aksi Atasi KLB DBD di Pesawaran

radarlampung.co.id – Sejak awal Januari, tercatat 149 kasus demam berdarah dengue (DBD) di Pesawaran. Dibanding tahun lalu, jumlah tersebut mengalami peningkatan. Pada 2018, ada 232 kasus.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Pesawaran Aila Karyus mengatakan, pihaknya sudah melakukan beberapa aksi. Termasuk penetapan kejadian luar biasa (KLB).

”Tujuan utama penetapan KLB itu untuk aksi. Seperti di daerah Purworejo yang angka kasusnya cukup tinggi. Itu sudah KLB,” kata Aila mewakili Kepala Dinas Kesehatan Pesawaran Harun Tri Djoko, Rabu (30/1).

Aksi lain adalah melaksanakan fogging, penyuluhan, pemberian bubuk abate dan penelitiann epidemiologi. ”Termasuk surat edaran dari pemerintah daerah hingga satuan perangkat tingkat bawah. Itu merupakan respon KLB semua,” urainya.

Jika melihat luas kabupaten, terus Aila, memang angka 149 belum signifikan atau belum mencapai dua kali lipat. Tetapi jika di Purworejo, memang bisa dikatagorikan KLB. Mengingat catatan kasus di puskesmas mencapai 54 kasus

”Dalam dua hari (28-29/1) tercatat penambahan enam kasus DBD di Purworejo. Memang paling banyak di sana dan untuk penanggulangan sudah berjalan,” ujarnya. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi