oleh

Rp2,5 M untuk Perbaikan Bendungan Way Lipang

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesawaran rencananya mengajukan anggaran sebesar Rp2,5 miliar melalui dana alokasi khusus (DAK) untuk perbaikan bendungan Way Lipang di Desa Gunungsari, Kecamatan Waykhilau.

Menurut Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pesawaran Zainal Fikri, anggaran pemeliharaan pada 2019 terbatas. Karena itu, perbaikan menyeluruh bendungan Way Lipang dan saluran sekunder akan ditangani melalui DAK tahun anggaran 2020 mendatang

”Untuk penanganan menyeluruh kita akan alokasikan sekitar Rp2,5 miliar dari DAK pada 2020 nanti,” kata Fikri, Jumat (1/2).

Dilanjutkan, tahap pertama perbaikan bendungan Way Lipang telah dilaksanakan. Yakni memperbaiki pintu utama bendungan. Pasalnya pintu utama sebagai pengatur air di bendungan tersebut mengalami kerusakan.

“Kita sudah action kemarin, dan sudah diperbaiki pintu utama bendungannya,” sebut dia.

Untuk normalisasi Way Lipang, saat ini pihaknya masih menunggu kondisi air. Sebab saat ini air dan intensitas hujan masih tinggi. Ini tidak memungkinkan untuk menurunkan alat berat.

“Air masih tinggi. Alat berat belum memungkinkan masuk ke lokasi. Kita tunggu air surut terlebih dahulu,” ucapnya.

Selain  konsentrasi normalisasi Way Lipang, pengerukan sedimentasi di saluran sekunder yang berfungsi mendistribusikan air ke sawah petani juga menjadi perhatian. ”Memang di saluran sekunder banyak sedimentasi dan sampah. Itu juga akan dibersihkan,” kata dia. (ozi/ais)

 

 

 

Komentar

Rekomendasi