oleh

Qori Lokal Tetap Andalan, Herman H.N. Tegaskan Tidak Akan Pernah “Impor”

RADARLAMPUNG.CO.ID – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-50 tingkat Kota Bandarlampung resmi dibuka Senin (4/2) malam, oleh Wali Kota Bandarlampung Herman H.N., di Stadion Pahoman, Bandarlampung.

Sebanyak 20 kecamatan yang ada di Kota Tapis Berseri ikut berpartisipasi, dengan jumlah peserta sebanyak 636 orang, official 416 orang, kemudian dewan juri sebanyak 27 orang terdiri dari pihak Kementerian Agama Kota Bandarlampung, UIN Raden Intan, dan perwakilan pondok pesanteren.

Dalam sambutannya, wali kota mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya MTQ tersebut. Dia mengungkapkan, selama menjabat sebagai wali kota, Bandarlampung tidak pernah menyewa qori dan qoriah dalam acara MTQ.

“Saya ucapkan terimakasih atas serangkaian acara yang sudah ditampilkan. Patut diingat, Kota Bandarlampung selama saya menjadi wali kota tidak pernah beli qori dan qoriaha dari luar kota, mudah-mudahan sampai akhir jabatan kita tetap pakai qori-qoriah kita untuk tingkat lokal maupun nasional,” ungkapnya.

Setiap tahun, kata dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung memberikan umrah gratis untuk qori dan qoriah terbaik. “Kita juga melakukan perbaikan untuk menciptkan bibit-bibit qori dan qoriah dari tingkat dasar seperti pemberian tunjangan insentif guru ngaji,” terangnya.

Kemudian, sambung dia, juga diberikan bantuan untuk kegiatan keagamaan di masjid. Seperti pada tahun 2019 ini, qori dan qoriah yang akan dibantu pemkot sebesar Rp2,5 juta per kegiatan. “Begitu juga pemberian bantuan untuk ponpes, dengan harapan mencetak kader terbaik di bidang agama,” ucapnya. (pip/sur)

Komentar

Rekomendasi