oleh

BPIH 2019 Tidak Naik, Ini Kata DPR RI

radarlampung.co.id– Kementerian Agama dan Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) sepakat tidak menaikkan besaran rata-rata biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Tahun ini BPIH sebesar 2.481 US Dolar atau setara Rp 35,23 juta (kurs Rp 14.200/US Dolar).

Merespon hal tersebut, Ketua Komisi VIII DPR RI, Ali Taher Parasong menghimbau kepada Kementerian Agama (Kemenag) dan institusi terkait tetap meningkatkan kualitas pelayahan ibadah haji meski tidak adanya kenaikan dalam besaran BPIH.

“Ketidaknaikan biaya ibadah Haji tahun ini, kami (Komisi VIII DPR RI-Red) jangan diasumsikan dengan tidak ada peningkatan pelayanan terhadap jemaah. Semua harus maksimal,” kata Ali kepada Fajar Indonesia Network (Grup Radar Lampung) di Jakarta, Selasa (5/2).

Politikus asal Partai Amanat Nasional (PAN) ini memaparkan bahwa negara memiliki dana yang lebih dari cukup, yang sekarang ini dikelola oleh Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH).

Sampai akhir tahun 2018 lalu, jumlah dana Haji secara keseluruhan termasuk Dana Abadi Umat (DAU) mencapai Rp 113 triliun.

“Mungkin saja tahun mendatang kenaikan atau bahkan penurunan biaya Haji bisa saja terjadi tergantung kemampuan pengelolaan anggaran oleh BPKH” tegas legislator dapil Banten itu.

Komentar

Rekomendasi