oleh

PSMTI Lampung Tingkatkan Peran bidang Pendidikan dan Sosial

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bahasa Mandarin menjadi bahasa Internasional kedua setelah bahasa Inggris. Sayangnya, Bahasa Mandarin ini masih kurang diminati  oleh siswa-siswi di Lampung

Karena itu, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Lampung bidang Pendidikan terus memperkenalkan pentingnya bahasa Mandarin ke kalangan pelajar. Hal ini disampaikan Sekretaris PSMTI Lampung sekaligus Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Steven Cheng di Sekretariat PSMTI Lampung, Rabu (6/2).

Dalam setahun, salah satu upaya yang dilakukan PSMTI melakukan study tour dengan membawa siswa-siswi ke Tiongkok. Prgram ini dilakikan dua kali setiap tahunnya.

“Ini sudah berlangsung selama 5 tahun berturut turut guna memperkenalkan majunya negara Tiongkok saat ini dan pentingnya bahasa mandarin,” jelas Steven.

Bahkan, sambungnya, PSMTI Lampung bekerjasama dengan 100 jurusan dari 5 Universitas di Tiongkok memberikan beasiswa. 

Program kerjasama ini berbentuk  beasiswa pendidikan D3-S3 dengan total keseluruhan  kuota mahasiswa untuk 1 tahun sebanyak 120 orang. “Kerjasama ini tidak hanya orang Lampung justru seluruh Sumatera,” terang Ketua Badan Koordinator Pendidikan Bahasa Mandirin Provinsi Lampung dan Head Master Han Yuan Chinese Learning Center itu.

Sementara khusus dibidang sosial, Wakil Ketua PSMTI Lampung Hardiyanto Luke menyampaikan bahwa pihaknya juga mendorong PSMTI kabupaten/kota bersinergi dengan pemerintah setempat dalam membantu bidang sosial. Misalnya, pengobatan umum bagi kurang mampu, sunatan masal, donor darah, hingga pengobatan mata.

“Yang terbaru kita ikut berkontribusi bantu korban Tsunami di Lamsel, sosialisasi HIV/AIDS dan screaning di Kabupaten Tanggamus dan lainnya. Kita juga ada kerjasama dengan rumah sakit, baik lokal maupun internasional dengan mengadakan kegiatan seminar kesehatan secara gratis,” tambahnya.

Bahkan, lanjut Hardiyanto, Bidang Sosial PSMTI Lampung memberikan bingkisan imlek untuk siswa dan siswi Xaverius yang memang butuh perhatian, Rabu (6/2). “Ke depanya, kita terus bersinergi dengan Pemerintah, Forkopimda setempat untuk terus bantu masyarakat,” tandasnya.

Program kerja bidang Pendidikan dan Sosial PSMTI Lampung ini mendapatkan perhatian khusus oleh Dewan Pakar PSMTI Lampung  Mungliana Susanto. ” Saya apresiasi program kerja bidang Pendidikan dan Sosial PSMTI Lampung,” pungkasnya. (gie/kyd)

Komentar

Rekomendasi