oleh

Keracunan Diduga Karena Ayam Sayur

radarlampung.co.id – Tim Dinas Kesehatan Pesawaran turun menelusuri penyebab keracunan yang dialami puluhan siswa SMKN 1 Gedongtataan, Kamis (7/2). Sejumlah pihak sudah dimintai keterangan.

”Kita akan investigasi untuk memastikan apa penyebab keracunan yang dialami siswa. Dalam nasi kotak yang dikonsumsi berisi nasi, sambal, ayam sayur dan lainnya. Dari hasil wawancara dengan beberapa guru dan siswa, kemungkinan awal keracunan disebabkan oleh sayur ayam,” kata Kasi Surveilans Abdul Rozak mewakili Kepala Dinas Kesehatan Harun Tri Djoko, Kamis Kamis (7/2).

Namun begitu, Abdul Rozak belum memastikan makanan yang diduga menjadi penyebab keracunan. Sebab tidak ada lagi sampel makanan yang bisa diperiksa.

”Paling tidak menjadi pelajaran. Kalau ada kasus serupa, segera simpan sampel di kulkas agar tidak terkontaminasi bakteri lain. Berdasar diagnosa awal seperti mual setelah satu jam makan, biasanya disebabkan oleh toksin bakteri,” sebut dia.

Sementara, Wakil Kepala SMKN I Gedongtataan Bidang Kesiswaan Wiji Setiti mengungkapkan, para siswa dibawa ke Klinik Ridho Husada sesuai arahan dari KPU Pesawaran. Ada sekitar 30 siswa yang dilarikan ke sana.

“Usai kegiatan sekitar jam 12.00 WIB, Rabu (6/2), anak-anak langsung makan. Guru juga dapat nasi kotak. Kebetulan saya nggak makan ayamnya,” sebut Wiji. (ozi/ais)

 

Komentar

Rekomendasi